Headlines News :
Home » , , » Kades Jampang Minta Pengelolaan Setu Di Maksimalkan

Kades Jampang Minta Pengelolaan Setu Di Maksimalkan

Written By Agoes maulana on Selasa, 10 Maret 2015 | 21.32

Kemang - Keberadaan sebuah setu/danau sejatinya adalah sebuah aset sumber daya alam yang bisa dimaksimalkan untuk pemberdayaan masyarakat sekitar. Potensi pengembangan bidang pariwisata dan peternakan sangat besar untuk dibuat dikawasan setu.Sayangnya, pengelolaan terhadap aset setu/danau dengan berbagai potensinya tersebut ternyata masih sangat kurang. Demikian diungkapkan Wawan Hermawan, Kepala Desa Jampang Kecamatan Kemang saat ditemui potretbogor di kantornya."Sebenarnya potensi setu itu sangat besar jika dikelola dengan maksimal." ujarnya.



Wawan menjelaskan,diwilayahnya ada dua setu yang sampai saat ini belum maksimal dikelola oleh instansi terkait. "kami punya dua setu yaitu setu Cilala dan setu Lengkongbarang. Desa Janpang sendiri punya program desa wisata. belum lagi adanya program minapolitan diwilayah kecamatan Kemang. artinya aset setu tersebut sangat berarti jika bisa dikembangkan secara baik dan benar." paparnya. Lebih jauh wawan menerangkan, pihaknya tidak punya wewenang penuh atas pengelolaan aset tersebut. "kita inisangat terbatas kewenangan dan kemampuannya. Saya berharap pihak terkait seperti PSDA atau Dinas Peternakan dan Perikanan bisa membantu." harapnya.

Kepala Desa Jampang juga berharap,dengan adanya pengelolaan aset setu/danau secara baik akan berdampak pada terjaganya kelestarian alam dan lingkungan,serta mampu meningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar. "kalau dikelola sama ahlinya,ekosistem terjaga.para peternak yang ada juga bisa dibimbing agar lebih baik dalam usaha perikanannya." imbuh Wawan. Ia juga menambahkan,saat ini kondisi setu Cilala dan Lengkongbarang menjadi tidak karuan karena memang kurangnya perhatian terhadap pengelolaanya. "semoga ke depan ada perhatian lebih dari instansi terkait,untuk kepentingan masyarakat banyak." Pungkasnya.(Ewo)
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Kanjeng Igon | Kanjeng Igon
Copyright © 2015. LASKAR WAYANG SEJATI.COM - Hak cipta dilindungi
Template Dibuat by Kangjeng Igon Published by Kanjeng Igon
Proudly powered by Igon